Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya

Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya - Modul 1 Pengenalan Pemasaran Global Mengapa Pemasaran Global Penting Kita sering mendengar istilah seperti pasar global, persaingan global, teknologi global, dan persaingan global. Di masa lalu, ketika kita berbicara tentang pengaruh global, kita mendengar kata-kata seperti internasional atau multinasional. Apa yang terjadi setelah tahun 1980? Apakah kata ini hanya konsep sementara tanpa makna yang lebih dalam? Atau adakah perubahan yang terjadi di masyarakat kita? 1. Kejenuhan Pemasaran Dalam Negeri Kejenuhan pasar dalam negeri, khususnya di pasar negara-negara industri maju, mendorong banyak perusahaan untuk mencari peluang pasar di luar negeri. Pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk di negara berkembang juga memberikan insentif tambahan bagi perusahaan untuk memasuki pasar luar negeri. Saat ini, perusahaan dari ekonomi penting seperti Samsung dan Hyundai dari Korea dan Semec dan Modelo Group dari Meksiko memasuki pasar negara berkembang di seluruh dunia. Logika yang sama berlaku dari negara maju seperti Australia dan Selandia Baru. Mereka secara geografis terisolasi dari industri utama dunia. Misalnya, tidak dikenal di Amerika. Dome Coffee Australia sedang membangun kerajaan kedai kopi multinasional dengan berekspansi ke Asia dan Timur Tengah. Cepat atau lambat, akan tiba saatnya Starbucks dari Amerika dan Dome Coffee dari Australia akan bersaing memperebutkan dominasi global. 2. Daya Saing Global Selama beberapa dekade terakhir telah terjadi perubahan persepsi yang mendasar mengenai persaingan di pasar global. Tiga puluh tahun yang lalu, misalnya, nama besar di industri mobil adalah General Motors, Ford, Chrysler. Tapi hari ini, perusahaan seperti Toyota, BmW, Renault, Hyundai terbang sebagai pesaing di pasar mobil global. '12 Pemasaran Internasional Arna S. Imaningsih, SE. MC Pusat Bahan Ajar dan E-Learning Universitas Mercu Buena 1

Ada kegiatan pencatatan antara impor dan ekspor. Semakin banyak ekspor surplus, semakin banyak impor yang defisit. Namun perdagangan internasional lebih luas, meliputi konsep perdagangan internasional dan produksi di negara lain. Misalnya, ketika perusahaan-perusahaan Amerika berproduksi, mereka melakukannya dengan tiga cara: 1. Memproduksi di AS dan menjual ke luar negeri, yang disebut mengekspor dalam konteks perdagangan internasional. 2. Mereka berinvestasi di negara lain, yaitu, membangun pabrik, membangun fasilitas. Produksi dan pemasaran di negara lain, selain melalui fasilitas ini 3. Mereka mensubkontrakkan (outsource) atau sebagian dari semua produk kepada perusahaan di negara lain, misalnya melalui lisensi atau joint venture. Statistik menunjukkan bahwa jumlah produksi yang dilakukan oleh perusahaan melalui kegiatan di negara lain lebih besar daripada produksi negara lain (volume perdagangan internasional lebih besar dari volume perdagangan internasional) yang menguasai perdagangan internasional. dan proses produksi dilakukan secara bebas di seluruh dunia. Misalnya, sepeda motor Honda Jepang, awalnya diproduksi di Jepang dan diekspor ke Amerika. Namun, sejak tahun 80-an dan seterusnya, Honda Motor mulai memproduksi mobil di AS dan mulai menjual produknya di Jepang dan belahan dunia lainnya. Texas Consumers, produsen semikonduktor, melakukan hal itu. Texas Consumers memiliki fasilitas di Jepang, menjual chip di Jepang, dan juga mengekspornya ke AS. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa peran perusahaan multinasional itu sendiri meningkatkan arus perdagangan internasional, fenomena ini disebut perdagangan antar moda. Sebuah laporan yang dihasilkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa 34% dari perdagangan dunia adalah perdagangan antar perusahaan antara perusahaan multinasional dan afiliasi domestik mereka, atau antar afiliasi. Evolusi Pemasaran Global Apa itu Pemasaran? Pemasaran adalah suatu kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan konsep penetapan harga, promosi, pendistribusian ide produk dan jasa dalam suatu pertukaran yang ditujukan tidak hanya untuk memuaskan kebutuhan konsumen, tetapi juga untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen di masa depan dan Penciptaan juga terlibat. . '12 Pemasaran Internasional Arna S. Imaningsih, SE. MC Pusat Bahan Ajar dan E-Learning Universitas Mercu Buena 3

Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya

Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya

1. 2. 3. 4. 5. Pemasaran Domestik Pemasaran Ekspor Pemasaran Internasional Pemasaran Multinasional Pemasaran Global 1. Pemasaran Domestik Sebelum memasuki pasar internasional, banyak perusahaan yang fokus pada pasar domestik. Strategi pemasaran ini didasarkan pada informasi tentang kebutuhan dan keinginan konsumen domestik, tren industri, dan lingkungan ekonomi, teknologi, dan politik di negara asal. Sebelumnya, perusahaan-perusahaan ini selalu ditentukan oleh persaingan domestik. Namun, persaingan domestik saat ini mencakup pesaing lokal dan asing. 2. Proses internasionalisasi yang dialami oleh perusahaan pemasaran ekspor disebabkan adanya proses adaptasi terhadap perubahan kondisi perusahaan dan kondisi lingkungan akibat strategi yang telah ditetapkan. Dimana umumnya karena pesanan dari pembeli asing. Pemasar ekspor menargetkan pasar luar negeri dan mengandalkan produk lokal untuk memasok pasar ini. Tahap pertama biasanya dimulai dengan ekspor tidak langsung melalui perusahaan dagang atau perusahaan yang khusus mengelola ekspor. Kemudian ekspor langsung. Ada 3 syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan ekspor langsung: 1. Manajemen perusahaan memiliki ekspektasi yang baik terhadap daya tarik kegiatan ekspor berdasarkan pengalamannya. 2. Perusahaan memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk mengidentifikasi berbagai aktivitas tambahan terkait ekspor. '12 Pemasaran Internasional Arna S. Imaningsih, SE. MC Pusat Bahan Ajar dan E-Learning Universitas Mercu Buena 5

Manajemen Pemasaran Global

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie. Ingin profil perusahaan? Analisis dan Opsi Strategis. JK Target umpan balik. Panjang Strategi Umum Tujuan Tahunan Strategi Operasional Kebijakan Kelembagaan Strategi Pengendalian dan Evaluasi

Globalisasi diartikan sebagai strategi untuk menjangkau pasar dunia dengan menggunakan produk-produk yang terstandarisasi. Pasar seperti itu sering diciptakan oleh konsumen yang lebih menyukai produk umum, harga lebih rendah, dan oleh perusahaan global yang menggunakan jaringan global mereka untuk bersaing di pasar global.

Tahapan memasuki pasar global 1. Tahap Domestik Pada tahap ini, perusahaan lebih memfokuskan kegiatannya pada berurusan dengan pemasok dan pesaing yang berada di dalam negeri, melayani pasar dan melayani. Orientasi mereka adalah "etnosentris", yang berarti bahwa sifat pasar atau konsumen akan sama di mana-mana, sehingga manajemen melihat pasar domestik terkonsentrasi dengan peluang yang aman. Hal ini dimungkinkan karena pasar dalam negeri belum dimasuki oleh perusahaan asing

5 2. Fase Internasional Dengan semakin ketatnya persaingan dan kejenuhan pasar domestik, perusahaan mulai memperluas produksi, pemasaran dan kegiatan lainnya di luar negara asalnya. Orientasi perusahaan internasional masih “etnosentris”, dimana motivasi untuk memasuki pasar global hanya untuk meniadakan keunggulan produk atau untuk memperpanjang siklus hidup produk perusahaan. 3. Tahap Multinasional Perusahaan mulai berinvestasi dan memproduksi produknya di luar negeri dengan menerapkan strategi yang berbeda dari satu negara ke negara lain, karena perusahaan mengakui bahwa setiap negara memiliki konsumen dan lingkungan yang berbeda.

Pdf) Strategi Pemasaran Produk Makanan Olahan

6 4. Fase Global Pada fase ini perusahaan mulai menerapkan strategi pemasaran global, biasanya dengan berfokus pada pasar global dan bekerja di dalam negara atau dengan sumber daya dari satu negara. Strategi ini akan menguntungkan perusahaan dalam hal biaya yang lebih rendah. 5. Tahap Transnasional Pada tahap ini perusahaan mulai mendominasi pasar dan industri di seluruh dunia (global) dengan mengintegrasikan biaya global dengan tujuan mencari keuntungan. Lokasi: Geosentris. Contoh: Electrolux, mesin cuci yang dirancang di Italia, diproduksi dan diuji di Swedia dan akhirnya diproduksi massal di Amerika Serikat.

Pembuatan kantor perwakilan pembukaan ekspor-impor / cabang yang mengeluarkan lisensi asing / kontrak manufaktur dan alih teknologi. Perusahaan pemberi lisensi mengadakan perjanjian dengan menerima penerima lisensi (licensee) bahwa penerima lisensi memperoleh hak untuk menggunakan proses produksi/teknologi, merek dagang, paten dll dengan membayar biaya/royalti kepada penerima lisensi. Dalam hal ini, pemberi lisensi mendapat keuntungan memasuki pasar luar negeri dengan risiko yang lebih kecil. Contoh: DISNEYLAND telah memberikan lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya:- Donald Duck, Mickey Mouse, dll.

4. DO Waralaba, yaitu suatu bentuk kerjasama tertulis antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba, memberikan hak untuk mendistribusikan produk atau jasa tertentu pada waktu dan tempat tertentu serta dengan cara yang ditentukan oleh pemberi waralaba. Contoh: MC. Donald, KFC dll. 5. Pembukaan usaha patungan. 6. Akuisisi perusahaan lain

Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya

Pembatasan perdagangan dan tarif bea masuk merupakan bentuk-bentuk hambatan-2 antara lain: - Masyarakat Ekonomi Eropa/MEE (European Economic Community), 1958. - AFTA (ASEAN Free Trade Area), th. 1992 - NAFTA (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara) tahun Amerika Utara dan Kanada. - Kuota (batas impor-2) - EMBARGO, yang melarang masuknya semua barang dari suatu negara.

Analisa Strategi Pemasaran Global Nike

2. Perbedaan bahasa, sosial budaya. Perbedaan bahasa seringkali menjadi penghambat kelancaran dalam bisnis internasional, hal ini dikarenakan bahasa merupakan alat komunikasi yang penting, baik lisan maupun tulisan. Contoh: Pabrik Mobil Chevrolet menamai suatu jenis mobil sebagai "Chevrolet's Nova" sedangkan dalam bahasa Spanyol kata "No Va" berarti "tidak dapat berjalan". Oleh karena itu sangat sulit untuk memasarkan produk ini di Spanyol. Contoh lain: Orang Jepang memiliki kebiasaan tidak mau didekati oleh wanita saat berbelanja di supermarket, sehingga mengakibatkan kosmetik pria tidak tercampur dengan kosmetik wanita, karena pria tidak didekati oleh pembeli pria.

3. Kendala fungsional mis. Masalah transportasi, hal ini seringkali sulit dilakukan karena kedua negara belum memiliki jalur pelayaran reguler. Dia

Strategi pemasaran dan contohnya, strategi pemasaran global ppt, jenis strategi pemasaran dan contohnya, strategi pemasaran barang dan jasa, makalah strategi pemasaran global, strategi pemasaran 7p dan contohnya, strategi pemasaran beserta contohnya, strategi pemasaran 4p dan contohnya, strategi pemasaran global, strategi penjualan dan pemasaran, pengertian strategi pemasaran global, strategi pemasaran global adalah

Post a Comment for "Strategi Pemasaran Global Dan Contohnya"