Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran - "aktivitas untuk mentransfer barang atau jasa dari tangan produsen ke konsumen" (H. Nystrom) "suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang berharga dengan orang lain" ( Philip Kotler dan Armstrong)
"proses perencanaan dan penerapan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi" (American Marketing Association) "seni dan ilmu memilih dan memperoleh pasar sasaran, mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul” (Philip Kotler)
Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran
Potensi Pelanggan Konteks sekelompok individu yang bersedia dan mampu Konteks Digital dimensi/ruang tempat transaksi berlangsung
Manajemen Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Aktivitas Dan Manfaat
Layanan Nyata Bagus Murni Layanan Nyata Bagus dengan Layanan Hibrida Layanan Hebat dengan Barang Mobil dengan Layanan Perbaikan Restoran Perjalanan Maskapai dengan Makanan dll. Psikoterapi
1. Menetapkan dasar untuk segmentasi pasar 2. Mengembangkan profil segmen Target Pemasaran 3. Menilai daya tarik setiap segmen 4. Memilih segmen sasaran Lokasi 5. Mengidentifikasi konsep positioning potensial untuk setiap segmen 6. Memilih, mengembangkan, dan mengomunikasikan konsep positioning yang dipilih segmentasi pasar dasar Mengembangkan profil segmen pasar Mengembangkan ukuran daya tarik item Memilih segmen sasaran Mengembangkan penempatan produk Mengembangkan bauran pemasaran untuk mencapai positioning terbaik
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar produk yang heterogen menjadi unit-unit pasar yang homogen (segmen pasar). kegiatan pemasaran lebih berorientasi pada konsumen. SD dapat digunakan lebih efektif dan efisien
Ada empat kriteria yang harus dipenuhi oleh segmen pasar agar dapat melakukan proses segmentasi pasar secara efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu: - Measurable - Accessible - Cukup luas (substantial) - Dapat ditempatkan pada fungsi (actionable)
Pdf) Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam
Identifikasi pasar sasaran adalah kegiatan mengevaluasi dan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki perusahaan. Pemasar perlu memahami metode untuk mengukur potensi pasar dan memprediksi permintaan di masa depan.
16 Lanjutan… Sebenarnya, perusahaan dapat mengejar salah satu dari lima strategi cakupan pasar, yaitu: Konsentrasi pasar Spesialisasi produk Spesialisasi pasar Spesialisasi selektif Cakupan umum
17 Penempatan Produk Penempatan produk adalah tindakan merancang suatu produk dan bauran pemasaran untuk menciptakan kesan tertentu di benak konsumen. perlunya mengembangkan strategi positioning produk yang penting adalah persepsi atau reaksi konsumen mengenai posisi masing-masing produk di pasar.
Berdasarkan Penggunaan Manfaat menurut Pengguna Jenis pengguna menurut Pesaing menurut Kategori Produk Kelas produk menurut Harga
Jual Manajemen Pemasaran
Filosofi Jual apa yang bisa dilakukan Membuat apa yang bisa dijual Pabrik Titik awal Target pasar Produk Tinggi Pusat Kebutuhan konsumen Sasaran penjualan dan promosi Sasaran pemasaran yang terkoordinasi Laba menurut volume penjualan Laba menurut kepuasan pelanggan Personel penjualan dan promosi Semua personel
20 Bauran Pemasaran Bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan adalah strategi yang melibatkan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk kepada segmen pasar tertentu, yang merupakan pasar sasaran. kombinasi variabel atau aktivitas yang membentuk inti dari variabel sistem pemasaran yang dapat dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen di pasar sasarannya
Produk (jasa) Harga Tempat Promosi Orang Memproses Bukti Fisik Produktivitas dan Kualitas
Jumlah barang/jasa yang ditawarkan perusahaan Jasa khusus yang ditawarkan perusahaan untuk mendukung penjualan barang dan jasa Bentuk barang atau jasa yang ditawarkan
Manajemen Pemasaran I
23 Lanjutan… Produk merupakan aspek yang paling penting, oleh karena itu perusahaan berusaha untuk memenuhi “kebutuhan dan keinginan” konsumen. Karakteristik produk/jasa adalah: Intangible, Inseparable, Changeable, Durability
24 Harga Setiap perusahaan selalu mencari keuntungan untuk produksi yang berkelanjutan Penetapan harga Saat menetapkan harga, biasanya didasarkan pada penggabungan produk/jasa dengan layanan lain dan keputusan pendapatan yang memuaskan oleh konsumen (beli/tidak, berapa banyak yang harus dibeli )
25 Tempat Menentukan cara produk/jasa dikirimkan ke pasar melalui cara yang efisien untuk sampai ke tempat yang tepat Pemilihan saluran distribusi Pertimbangan untuk memilih saluran distribusi : Sifat pasar dan lokasi pembeli Lembaga pemasaran (broker) Pengendalian persediaan Jaringan transportasi
26 Promosi Aspek ini mencakup berbagai upaya untuk memberikan informasi kepada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan waktu. Metode yang dapat digunakan: Periklanan (advertising) Penjualan pribadi (personal selling) Promosi penjualan (sales promotion) Publisitas (publisitas)
Pengertian Dan Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran
27 People Aset utama dalam industri jasa, terutama karyawan manusia berkinerja tinggi yang puas dan pelanggan setia Faktor people penting lainnya adalah "sikap dan motivasi" karyawan di industri jasa.
28 Proses Kualitas pelayanan sangat bergantung pada proses pemberian pelayanan kepada konsumen. Untuk menjamin kualitas pelayanan (quality assurance), karyawan yang berkompeten, berkomitmen dan loyal kepada perusahaan tempatnya bekerja wajib menjalankan seluruh operasional perusahaan sesuai dengan sistem dan prosedur yang baku.
29 Bukti Fisik Bangunan merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristiknya merupakan persyaratan yang menghargai konsumen pada perusahaan jasa yang memiliki karakteristik. Perhatian pada interior, bahan bangunan, termasuk sistem pencahayaan, dan tata letak yang luas menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung.
Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat dan membagikan data pengguna dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk kebijakan cookie. PEMASARAN Proses perencanaan dan implementasi konsep, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, produk, dan layanan untuk menciptakan pertukaran.
Pengertian Dan Ruang Lingkup Manajemen Strategik
RENCANA PEMASARAN. Pemasaran terdiri dari: kegiatan menganalisis kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), dalam menghasilkan produk dan jasa (Product). Tujuan.
Pengertian PASAR • Tempat bertemunya antara penjual dan pembeli barang atau jasa yang ditawarkan dan perpindahan kepemilikan atas permintaan yang dilakukan.
Bagian 3 Merancang Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan dan Bauran Pemasaran Terpadu Bab 7 Strategi Pemasaran Bahan Bakar.
Bagian 3 Strategi Pemasaran Berbasis Pelanggan dan Merancang Bauran Pemasaran Terpadu Bab 8 Strategi Pemasaran yang Didorong oleh Pelanggan.
Jurnal Manajemen Pemasaran
PASAR HEWAN DAN ADMINISTRASI KOMERSIAL. Materi kursus PEMASARAN & MANAJEMEN KOMERSIAL HEWAN 1. Konsep manajemen pemasaran 2. Strategi dan perencanaan pemasaran.
Definisi Definisi pemasaran: "tindakan mendistribusikan barang atau jasa dari tangan produsen ke konsumen" (H. Nystrom) "suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh kebutuhan dan preferensi mereka melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk . berharga bagi orang lain" (Philip Kotler dan Armstrong)
Lanjutan… Definisi Manajemen Pemasaran : "proses perencanaan dan penerapan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi" (The American Marketing Association)" seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan memperoleh, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul" (Philip Kotler)
Konteks Pasar Fisik (Pasar) tempat transaksi terjadi Konteks Pelanggan Potensial sekelompok individu yang bersedia dan mampu Konteks Digital dimensi/ruang tempat transaksi berlangsung
Manajemen Pemasaran Phillip Kotler & Kevin Lane Keller
Rentang Produk Murni Layanan Berwujud Baik Layanan Salju Berwujud Baik dengan Layanan Hibrida Layanan Utama dengan Barang Mobil dengan Layanan Perbaikan Restoran Perjalanan Maskapai dengan Makanan dll Psikoterapi Sabun
Proses STP Segmentasi Pasar Target Pemasaran 1. Menentukan basis segmentasi pasar 2. Mengembangkan profil segmen Target Pemasaran 3. Menilai daya tarik setiap segmen 4. Memilih segmen sasaran Positioning 5. Mengidentifikasi konsep positioning potensial untuk setiap segmen 6. Memilih, mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep positioning yang dipilih Mengidentifikasi dasar segmentasi pasar Mengembangkan profil segmen pasar Mengembangkan skala daya tarik item Memilih item target Mengembangkan positioning produk Mengembangkan bauran pemasaran untuk mencapai positioning terbaik
Segmentasi Pasar Orientasi Konsumen Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar produk yang heterogen menjadi unit-unit pasar yang homogen (segmen pasar). kegiatan pemasaran lebih berorientasi pada konsumen. SD dapat digunakan lebih efektif dan efisien
Lanjutan… - Measurable - Accessible Ada empat kriteria yang harus dipenuhi oleh segmen pasar agar dapat melakukan proses segmentasi pasar secara efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yang artinya: - Measurable - Affordable - Substantial ) - Dimungkinkan untuk diterapkan ( actionable ). )
Mk 210 Manajemen Pemasaran
Menentukan Pasar Sasaran Menentukan pasar sasaran adalah kegiatan di mana perusahaan mengevaluasi dan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki. Pemasar perlu memahami metode untuk mengukur potensi pasar dan memprediksi permintaan di masa depan.
Lanjutan… Sebenarnya, perusahaan dapat mengikuti salah satu dari lima strategi cakupan pasar, yaitu: Konsentrasi pasar Spesialisasi produk Spesialisasi pasar Spesialisasi selektif Cakupan umum
Penempatan Produk Penempatan produk adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran untuk menciptakan kesan tertentu di benak konsumen. perlunya mengembangkan strategi positioning produk yang penting adalah persepsi atau reaksi konsumen mengenai posisi masing-masing produk di pasar.
Lanjutan… Strategi penempatan produk : Berdasarkan Merek Atribut Berdasarkan Manfaat Berdasarkan Penggunaan Berdasarkan Pengguna Jenis Pengguna Berdasarkan Pesaing Berdasarkan Kategori Produk Kelas Produk Berdasarkan Harga
Bidang Manajemen: Operasional, Sdm, Keuangan, Pemasaran
Perbedaan Filosofi Penjualan dan Pemasaran Menjual apa yang dapat dilakukan Melakukan apa yang dapat dijual Pabrik Titik awal Pasar sasaran Pusat perhatian produk Kebutuhan pembeli Sasaran penjualan dan promosi Sasaran pemasaran terkoordinasi Laba berdasarkan volume penjualan Pendapatan melalui kepuasan pelanggan Personel penjualan dan promosi Semua personel
Bauran Pemasaran Bauran pemasaran perusahaan adalah suatu strategi yang melibatkan penentuan bagaimana perusahaan akan mempresentasikan penawaran produknya kepada segmen pasar tertentu, yaitu pasar sasaran. kombinasi variabel atau aktivitas yang membentuk inti dari variabel sistem pemasaran yang dapat dikendalikan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen di pasar sasarannya
Lanjutan… Variabel bauran pemasaran (disebut 8P):
Ruang lingkup manajemen logistik, ruang lingkup sistem informasi pemasaran, ruang lingkup pemasaran, ruang lingkup audit pemasaran, ruang lingkup manajemen operasional, ruang lingkup manajemen, ruang lingkup manajemen kelas, ruang lingkup manajemen resiko, ruang lingkup manajemen produksi, ruang lingkup manajemen keuangan, ruang lingkup manajemen kurikulum, makalah ruang lingkup pemasaran
Post a Comment for "Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran"