Evaluasi Pemasaran

Evaluasi Pemasaran - Implementasi Rencana Pemasaran Rencana Evaluasi Strategis dan program pengendalian Kriteria kinerja dan informasi yang diminta Evaluasi kinerja dan tindakan

I Pendahuluan II Situasi Pemasaran III Produk IV Pasar V Persaingan VI Data Pemasaran VII Strategi Segmentasi Pasar VIII Periklanan IX PR X Ringkasan Eksekutif

Evaluasi Pemasaran

Evaluasi Pemasaran

Metodologi Rekayasa Analisis Desain Sistem Model Pemasaran Desain Proses Ide Manajerial Konsep Proses Keterlibatan Strategis Kompatibilitas Dimensi Proses Perilaku Dimensi Proses Struktur Organisasi Budaya Informasi

Evaluasi Praktikum Tahun Ajar 2020 2021 Untuk Manajemen Pemasaran, & Manajemen Stratejik

Program Pemasaran Eksternal: Kelompok sasaran utama perusahaan, aliansi mitra perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya Program Pemasaran Eksternal Menargetkan pengguna, sektor dan area, dan pemangku kepentingan lainnya.

Implementasi strategi bisnis dan pemasaran Lingkungan eksternal Strategi korporat Hubungan korporat-SBU Strategi SBU Struktur organisasi SBU; Koordinasi Lintas Fungsi R&D Proses Keuangan Produksi Kebijakan Pemasaran dan Strategi Rencana Pemasaran Produk Tunggal Masuk Pasar Kinerja SBU Sumber: Harper W. Boyd, Jr., dan Orville C. Walker, Jr., Manajemen Pemasaran (Burr Ridge, IL : Richard D .Irwin, 1990), 826.

Dan Kontrol Melakukan studi pemasaran strategis Metrik, metrik, dan metrik kinerja Memilih kebutuhan dan analisis informasi Memilih metrik dan metrik kinerja

Misi dan tujuan perusahaan Komposisi dan strategi bisnis Strategi pemasaran (per rencana unit) Program pemasaran Kegiatan Pelaksanaan dan Manajemen

Pentingnya Rencana Pemasaran Bagi Bisnis

Metrik Nilai penjualan / ukuran finansial Investasi Profitabilitas pemasaran Ekuitas merek Kepuasan relatif Janji kualitas yang dirasakan Ketersediaan harga relatif Pasar internal Metrik Strategi dan inovasi karyawan Budaya dan Hasil Sumber: Tim Ambler, Marketing and the Bottom-Line, 2nd ed. Hemel Hempstead: Prentice Hall, 2003.

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membagikannya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima Kebijakan Privasi kami, termasuk kebijakan cookie. • Salah satu syarat keberhasilan pemasaran produk adalah adanya permintaan pasar yang cukup untuk menyerap produk tersebut. • Pengalaman menunjukkan bahwa banyak proyek yang dibangun, baik di Indonesia maupun di negara lain, tidak berhasil memasarkan produknya karena permintaan pasar yang tidak mencukupi. • Selain itu, produk yang dihasilkan proyek akan mampu bersaing di pasar.

• Di masa depan, untuk menentukan apakah akan ada cukup permintaan pasar untuk menyerap produk atau jasa yang akan dihasilkan, • Pikirkan tentang bagaimana lingkungan persaingan pasar di masa depan, siapa mereka. perusahaan pesaing, dan apakah produk yang dihasilkan dapat memperoleh pangsa pasar yang memadai atau tidak, • Untuk mendapatkan gambaran tentang peluang pengembangan yang dimiliki faktor eksternal dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi permintaan produk dan lingkungan persaingan pasar.

Evaluasi Pemasaran

4 Definisi Pasar • Pasar dapat didefinisikan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau tempat pertemuan antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk menciptakan harga. • Pasar juga didefinisikan sebagai sekelompok orang yang terorganisir untuk berdagang, sehingga menciptakan harga. • Stanton: Pasar adalah kumpulan orang dengan keinginan untuk memuaskan, uang untuk dibelanjakan dan keinginan untuk dibelanjakan. Oleh karena itu, ada tiga faktor utama yang mendukung munculnya pasar, yaitu masyarakat dengan segala keinginan, daya beli dan perilaku pembelian.

Evaluasi Strategi Pemasaran

• Permintaan dapat didefinisikan sebagai jumlah barang yang dibutuhkan oleh konsumen yang memiliki kemampuan untuk membeli pada tingkat harga yang berbeda. • Permintaan yang didukung oleh daya beli disebut permintaan efektif • Permintaan yang hanya didasarkan pada kebutuhan disebut permintaan potensial. • Hukum permintaan menyatakan bahwa ketika harga suatu barang naik, jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya, jika harga barang yang diminta turun, jumlah yang diminta akan meningkat (ceteris paribus baribus).

6 • Analisis permintaan yang menciptakan prakiraan permintaan untuk suatu produk merupakan alat penting bagi manajemen perusahaan. • Dari perkiraan penjualan, perusahaan dapat menghitung anggaran perusahaan, dan dari anggaran perusahaan misalnya jumlah dan jenis karyawan yang dibutuhkan, kesesuaian alat produksi, ketersediaan bahan baku dan kapasitas gudang.

7 Penawaran • Penawaran didefinisikan sebagai jumlah barang yang ditawarkan di pasar pada tingkat harga yang berbeda. • Dalam fungsi ini, ketika harga suatu barang naik, produsen akan berusaha meningkatkan kuantitas produk yang mereka jual. • Dimana penjual ingin menawarkan barangnya pada tingkat harga yang berbeda ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain: harga barang itu sendiri, harga barang lain, biaya produksi, tingkat teknologi dan tujuan perusahaan. .

• Tidak mudah menghitung secara pasti tingkat permintaan internal. • Oleh karena itu, untuk "memperkirakan" tingkat permintaan domestik tahunan (Co), dapat digunakan rumus berikut. Co = P + (I E) + (So Se) Dimana: P = total produk dalam negeri, I = total impor, E = ekspor, So = investasi nasional pada awal tahun, Se = pada akhir tahun. tahun.

Pdf) Evaluasi Kinerja Marketing Digital

• Hitung total permintaan pasar. • Permintaan pasar total untuk suatu produk adalah jumlah total yang dibeli oleh sekelompok konsumen tertentu di wilayah tertentu selama periode waktu tertentu dalam lingkungan pemasaran tertentu. • Cara praktis untuk menghitung total permintaan pasar adalah dengan menggunakan persamaan: Q = n • p • q dimana: Q = total permintaan pasar n = jumlah pelanggan di pasar p = rata-rata harga satuan q = jumlah yang dibeli menurut rata-rata bobot. pembeli per tahun

Menghitung area permintaan pasar. Dalam hal pemilihan wilayah terbaik serta pengalokasian anggaran pemasaran terbaik, ada dua metode yang dapat digunakan, yaitu metode Market Building dan Market Factor Index. • Metode Akuisisi Pasar digunakan terutama oleh perusahaan barang industri untuk mengidentifikasi semua pelanggan di setiap pasar dan untuk memperkirakan pembelian mereka. • Metode Indeks Faktor Pasar digunakan terutama oleh perusahaan barang konsumsi, mengidentifikasi faktor pasar dengan korelasi potensial dan menggabungkannya ke dalam indeks tertimbang.

Hitung penjualan aktual dan pangsa pasar. • Perusahaan perlu mengetahui penjualan aktual dari bisnis individu yang terjadi di pasar. • Jadi dia harus mengidentifikasi pesaingnya dan memperkirakan penjualan mereka. • Data dapat dikumpulkan dari masyarakat dan lembaga penelitian.

Evaluasi Pemasaran

• Analisis segmen pasar. • Untuk beberapa produk (misalnya, produk konsumsi massal), selain angka permintaan nasional, perlu juga dilakukan analisis permintaan untuk masing-masing sektor atau segmen pasar. • Diperlukan analisis permintaan setiap segmen pasar agar tim studi kelayakan proyek dapat lebih akurat memperkirakan jumlah permintaan produk. • Selain itu, hasil analisis permintaan dari setiap segmen pasar dapat digunakan sebagai masukan untuk merumuskan strategi pemasaran produk, setelah proyek yang relevan diluncurkan. • Pasar dapat dibagi menjadi beberapa bagian, menurut kriteria tertentu. • Misalnya, tergantung pada lokasi geografis, ada pasar di dalam kota dan di luar kota, atau pasar di dalam negeri dan di luar negeri. • Berdasarkan perbedaan status sosial konsumen, misalnya pasar penduduk kelas bawah, menengah dan atas.

Evaluasi Strategi Pemasaran Usaha Tambak Udang Desa Teluk Pambang (studi Kasus Koperasi Produksi Generasi Mandiri)

Dalam studi kelayakan proyek, penyusunan anggaran untuk jumlah pesanan produk selama masa operasional proyek akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: 1. Melakukan studi pasar dan pemasaran, 2. Mempersiapkan perkiraan permintaan produk sebelumnya menggunakan permintaan peramalan. metode (perkiraan permintaan), 3 Menyiapkan perkiraan permintaan akhir yang akan digunakan sebagai masukan untuk mengevaluasi aspek pemasaran dan praktik lainnya.

• Riset pasar dan pemasaran dilakukan, baik dengan menganalisis data sekunder yang dikumpulkan dalam studi kelayakan proyek, maupun dengan terjun ke lapangan, melakukan observasi dan wawancara dengan sumber data dan informasi yang dapat dipercaya serta mengumpulkan data primer lainnya. • Selain mendapatkan gambaran tentang proyeksi permintaan produk di masa depan, penelitian lapangan menawarkan banyak manfaat lain: – Penelitian lapangan dapat memberikan pengetahuan produk yang mendalam. - Selain itu, dengan penelitian lapangan, petugas terkait akan mendapatkan gambaran tentang target konsumen, sistem distribusi, harga jual maksimal, strategi penetapan harga saat ini di pasar, produk atau perusahaan pesaing utama, dll.

17 Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran dan riset pasar, antara lain: • Survei niat pembeli, tanyakan langsung kepada mereka, berharap mereka akan memberikan jawaban yang masuk akal. • Umpan balik dari penjual (pengecer), mis. perusahaan meminta tenaga penjualannya untuk memperkirakan penjualan setiap produk untuk masing-masing wilayah, dan kemudian semua perkiraan individu ditambahkan bersama untuk mendapatkan perkiraan penjualan total. Untuk membuat perkiraan, dibutuhkan banyak data. • Opini ahli, yaitu opini yang dibentuk berdasarkan data dan analisis yang lengkap dan ilmiah oleh akademisi dan profesional. Untuk mengetahui pendapat para ahli.

Ahli Manajemen Pemasaran telah berhasil menciptakan beberapa teknik peramalan permintaan yang dapat digunakan investor untuk memperkirakan tingkat permintaan produk atau jasa di masa depan. Beberapa metode peramalan permintaan antara lain: • Eliminasi tren perkembangan permintaan produk masa lalu, • Koefisien pemanfaatan produk, • Substitusi impor, • Perbandingan antar negara.

Ini Peran Sikap Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran

Ketika produk atau jasa yang dihasilkan proyek tersebut nantinya dilepas ke pasar, produk-produk tersebut kemungkinan besar akan bersaing dengan: • Produk serupa yang dihasilkan oleh perusahaan dalam negeri yang sudah ada (pesaing), • Produk pengganti yang dihasilkan oleh perusahaan dalam negeri yang sudah ada. (substitusi), • Produk yang sudah diperkenalkan di pasar (produk impor), • Produk sejenis yang dihasilkan oleh proyek lain, disiapkan oleh investor lain selama studi kelayakan proyek (potensi pendapatan baru).

20 Selama masa studi kelayakan proyek, organisasi bisnis yang bersaing harus mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi tentang: • Nama dan kantor pusat, usia perusahaan, • Pemilik utama dan pimpinan perusahaan, • Lokasi proyek, markas besar. , kantor • Kapasitas produksi

Buku evaluasi, evaluasi pembelajaran, evaluasi pbm, evaluasi kinerja, manfaat evaluasi, evaluasi bisnis, model evaluasi, sistem evaluasi, evaluasi sdm, evaluasi karyawan, evaluasi soap, pemasaran

Post a Comment for "Evaluasi Pemasaran"