Contoh Program Csr Perusahaan - Pengertian CSR - Segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Mulai dari karyawan, pemegang saham, pelanggan, pemerintah dan juga masyarakat umum. Tanggung jawab ini biasa disebut dengan Corporate Social Responsibility atau CSR.
Oleh karena itu, CSR merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dilaksanakan perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingannya dengan melaksanakan program yang memiliki manfaat. Jadi, apakah Grameds pernah mendengar istilah Corporate Social Responsibility atau CSR? Jika Anda belum pernah mendengarnya atau belum familiar dengannya, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara mendalam apa itu CSR, tujuan, fungsi dan contohnya. Baca artikel ini sampai habis.
Contoh Program Csr Perusahaan
Sebagaimana telah disebutkan di atas, CSR merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan baik kepada seluruh pemangku kepentingan maupun kepada seluruh pemangku kepentingan. Berbagai pihak tersebut di atas adalah karyawan perusahaan, pemegang saham perusahaan, pelanggan, pihak pemerintah dan masyarakat perusahaan.
Melalui Program Csr, Pertamina Mor I Lakukan Pelestarian Lingkungan
Bentuk tanggung jawab yang harus dicakup dalam CSR adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan sebagai semacam rasa tanggung jawab sebagai perusahaan terhadap masyarakat sosial dan lingkungan. Dimana perusahaan melakukan semua kegiatan operasionalnya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa CSR merupakan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan untuk membawa manfaat bagi orang-orang di dalam dan di luar perusahaan dengan melaksanakan program yang bermanfaat. Grameds harus memahami bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab secara umum dan lingkungan di mana mereka berada.
Sifat kewajiban adalah wajib. Jika tidak, perusahaan akan diancam dengan denda. Hal ini berlaku untuk perusahaan yang sudah besar atau perusahaan yang masih kecil. Selama bisnis tergantung pada kenyamanan orang-orang di sekitarnya.
Pengertian CSR yang lain menurut para ahli. Yang pertama adalah CSR menurut Kotler dan Nancy. CSR tersebut merupakan komitmen perusahaan yang bertujuan untuk berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui praktik bisnis yang baik. Dengan demikian, perusahaan dapat berbagi sebagian dari sumber daya perusahaan dengan atau di sekitar pihak-pihak yang terlibat.
Tidak Patut, Perusahaan Kurangi Csr Karena Alasan Pandemi Covid 19
Yang kedua menurut CSR Kasta. Dimana Kas (2003, 212) menyatakan bahwa konsep CSR merupakan bentuk keterlibatan suatu organisasi dalam upaya mengatasi kemiskinan dan kelaparan. Ini juga membantu mengurangi pengangguran dan memberikan hibah untuk seni atau pendidikan.
Di sini Kast juga menjelaskan bahwa CSR merupakan bagian yang sangat penting, karena dapat menunjukkan bahwa suatu perusahaan tidak lepas dari lingkungan di sekitarnya. Sebuah perusahaan juga terhubung dengan lingkungan. Jika lingkungan baik, maka efeknya akan baik bagi perusahaan.
CSR kemudian didefinisikan sebagai program yang memiliki konsep bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap seluruh aspek perusahaan. Secara sederhana, CSR dapat diartikan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh aspek masyarakat serta lingkungan sekitar tempat usaha. Oleh karena itu, selain mencari keuntungan, sebuah perusahaan juga harus bertanggung jawab terhadap orang-orang di sekitarnya. Salah satu caranya adalah dengan mengimplementasikan program yang sekarang dikenal dengan CSR.
CSR mengambil bentuk yang sangat berbeda. Dimana setiap perusahaan memiliki metode dan model tersendiri dalam pelaksanaannya. Perusahaan di Indonesia umumnya menerapkan program CSR dengan menggunakan salah satu dari empat metode berikut:
Program Csr Pt. Bank Ina Perdana Tbk Berbagi Makan Siang Pengemudi Online
Model implementasi yang pertama adalah model keterlibatan langsung. Ini adalah metode dimana perusahaan akan melakukan CSR secara langsung kepada masyarakat. Misalnya, perusahaan memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai dan menyalurkannya kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu. Perusahaan menyalurkan bantuan langsung ke masyarakat.
Model lainnya adalah melalui yayasan atau perusahaan membangun basis sosialnya sendiri. Cara ini hampir sama dengan yang digunakan oleh perusahaan di beberapa negara maju. Tujuan dari model CSR ini adalah untuk membangun basis sosial yang membantu komunitas sosial secara berkelanjutan.
Di bawah ini adalah contoh-contoh yayasan yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan yang kemudian dijadikan sebagai wahana bantuan kepada warga:
Jika Grameds telah memahami definisi CSR, kita pasti akan sampai pada kesimpulan bahwa kegiatan yang dilakukan pada umumnya adalah kegiatan sosial. Kemudian, selain kedua model CSR di atas, banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan model CSR ketiga, yaitu Formasi Kemitraan. Model ini dicapai dengan menjalin kemitraan dengan pihak eksternal atau pihak lain. Mitra yang diajak berkolaborasi biasanya adalah mitra yang sudah memiliki fokus yang signifikan pada kegiatan sosial. Baik itu lembaga sosial yang dikelola oleh swasta atau pemerintah dan lain-lain. Berikut ini contohnya:
Pengertian Csr: Model, Tujuan, Jenis Dan Contohnya
1. PMI (Palang Merah Indonesia): Dalam kemitraan dengan PMI, perusahaan dapat menyelenggarakan kegiatan donor darah yang melibatkan karyawan dan masyarakat. Sehingga akan mendorong setiap orang untuk membantu sesama dengan mendonorkan darahnya.
2. Dompet Duafa: melalui lembaga ini, perusahaan dapat menawarkan jasa atau layanan pengelolaan uang sosial. Misalnya dana kemanusiaan, zakat, zakat dan lain-lain.
Model selanjutnya adalah bergabung atau sekadar mendukung konsorsium. Apa itu konsorsium? Konsorsium adalah bentuk kerjasama antara dua perusahaan untuk melaksanakan suatu proyek. Bahwa proyek tersebut merupakan proyek sosial yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat. Misalnya proyek perbaikan jalan, pembangunan gedung sekolah, pembangunan jembatan dan kegiatan lain yang umumnya menguntungkan perusahaan.
Dalam pelaksanaan program CSR, perusahaan harus memiliki tujuan yang harus dikaitkan dengan kesejahteraan dan kepentingan masyarakat dan pihak-pihak perusahaan. Tujuan program CSR secara umum adalah:
Menyusun Renstra Program Csr
Salah satu tujuan utama pelaksanaan program CSR adalah untuk melindungi citra dan nama baik perusahaan di mata masyarakat. Secara umum program CSR yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa perusahaan merupakan pihak yang bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat sekitar.
Tidak hanya itu, dengan melaksanakan program CSR, perusahaan juga dapat meningkatkan citra dan nama baik perusahaan di lingkungan, serta kepada seluruh pemangku kepentingan atau insan yang bekerja sama dengan perusahaan. Karena akan sangat baik untuk perkembangan perusahaan kedepannya.
Tujuan akhir dari pelaksanaan program CSR adalah untuk menjaga dan memelihara hubungan baik dengan para pemangku kepentingan. Dengan program CSR buatan perusahaan, Anda akan menciptakan hubungan yang lebih hangat dan bersahabat dengan lingkungan perusahaan. Tidak hanya itu, program CSR juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dalam upaya pengembangan dan pemberdayaannya.
Memiliki perusahaan di satu tempat pasti akan melibatkan banyak aspek lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang melingkupinya adalah dengan melakukan program CSR. Masalah saat ini bisa muncul dari berbagai sisi. Mulai dari lingkungan, sosial dan ekonomi. Memiliki program CSR merupakan salah satu bentuk upaya perusahaan untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan yang ada di lingkungan.
Panduan Pelaksanaan Csr Perusahaan
Ada tiga manfaat CSR bagi perusahaan yang harus diketahui Grameds. Pertama, membuka seluas-luasnya kesempatan kerja bagi pihak lain. Yang kedua adalah sebagai sarana mempromosikan perusahaan itu sendiri. Kemudian yang ketiga adalah melakukan inovasi berupa program khusus.
Sedangkan manfaat yang akan diperoleh masyarakat umum adalah peningkatan kesejahteraan dalam beberapa aspek. Dimana masyarakat sekitar perusahaan lebih terlihat dan terlindungi. Kemudian mereka juga bisa langsung merasakan manfaat dari program CSR tersebut. Baik program pemberdayaan maupun pengembangan ditawarkan oleh perusahaan.
Program CSR yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya dapat membawa manfaat bagi perusahaan tetapi juga bagi masyarakat. Namun juga dapat memberikan keuntungan bagi pemegang saham, pemerintah dan konsumen. Keuntungan yang akan diperoleh pemegang saham, perusahaan akan mendapatkan citra yang baik. Karena bisa meningkatkan kemungkinan investor lebih banyak. Bagi pelanggan, mereka akan lebih mempercayai perusahaan. Kemudian manfaat dari pemerintah adalah mereka akan merasakan bantuan dari program CSR. Dimulai dengan pembangunan di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan.
Dalam proses pelaksanaan program CSR, jenis kegiatan dibagi menjadi lima jenis. Berikut adalah lima kegiatan CSR yang harus diperhatikan Grameds:
Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik
Jenis program CSR ini dapat diartikan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran akan suatu isu. Tujuan lain dari CSR jenis ini adalah untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri. Dengan menerapkan program CSR jenis ini, perusahaan akan menyediakan dana dan sumber daya sebagai upaya untuk mendukung kegiatan sosial. Dimulai dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan donasi.
Perusahaan yang menggunakan program CSR ini biasanya bertujuan untuk selalu berkomitmen untuk memberikan sejumlah keuntungan dari penjualan produk tertentu. Mendukung kegiatan sosial di masyarakat. Kemudian uang yang harus dibayarkan akan dibayarkan kepada pihak yang terlihat.
CSR jenis ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kampanye. Umumnya bentuk kampanye yang dilakukan oleh perusahaan dalam bidang kesehatan, lingkungan dan isu lainnya. Tujuan CSR “Corporate Social Marketing” adalah untuk dapat membantu mendukung perubahan masyarakat menjadi lebih baik.
Jenis CSR ini dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kontribusi langsung melalui pembayaran tunai. Contoh dari CSR jenis ini adalah program donasi, filantropi, serta pendampingan masyarakat dalam berbagai cara.
Contoh Csr Perusahaan Kecil, Budget Minim Tapi Branding Wining
Relawan sosial adalah salah satunya
Perencanaan program csr, contoh program csr perusahaan sawit, program csr perusahaan indofood, program csr adalah, program csr aqua, program csr perusahaan, program csr perusahaan pertambangan, program csr unilever, program csr perusahaan aqua, program csr perusahaan di indonesia, csr program, program csr untuk masyarakat
Post a Comment for "Contoh Program Csr Perusahaan"